Home | Artikel

Peringatan Hari Batik Nasional Sebagai Wujud Cinta SMAN 1 Sampit Kepada Budaya Bangsa


Diposting pada tanggal 4 Oktober 2023

Ada yang sedikit berbeda dari pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran di SMAN 1 Sampit Yang biasanya keluarga besar civitas akademika SMAN 1 Sampit mengenakan seragam Nasional ketika pada hari Senin dan Selasa, tetapi pada hari senin -  Selasa (2 – 3 oktober 2023) seluruh warga SMAN 1 Sampit mengenakan pakaian batik. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan dalam rangka peringatan hari batik Nasional yang tepat pada tanggal 2 Oktober 2023.

Batik merupakan perekat bangsa sekaligus menjadi simbol persatuan. Dengan berbatik, tidak ada lagi strata sosial, kaya maupun miskin. Karena batik menunjukkan kolektivitas dan kebersamaan. Hal ini disampaikan oleh Humas SMAN 1 Sampit, Muhammad Isa As, S.Pd, MM pada saat menanggapi makna yang bisa dipetik dari Peringatan Hari Batik Nasional, pada 2- 3 Oktober 2023.

“Tentunya kita sangat bangga dengan banyaknya budaya dan ciri khas di Indonesia. Salah satunya yang kita pakai pada hari ini, tentunya baju batik ya.. Memang kita arahkan kepada seluruh masyarakat SMA N 1 Sampit  untuk setiap tanggal 02 Oktober di setiap tahunnya selalu mengenakan pakaian batik sebagai kecintaan dan rasa bangga terhadap khasanah kekayaan budaya Indonesia. Dengan batik ini kita juga dapat merasakan tidak adanya lagi status strata sosial, semuanya terlihat sama dan lebih kompak”, Jelas Kepala SMAN 1 Sampit, M Darma Setiawan, S.Pd,  

          Peringatan hari batik Nasional di SMAN 1 Sampit  disambut dengan antusias oleh warga sekolah. Terlihat dari peserta didik yang menggunakan baju batik dengan rapi sebagai wujud kebanggaan atas budaya Indonesia  yang kini sudah melekat di hati masyarakat.

“Memang sedikit berbeda pelaksanaan proses pembelajaran kita pada hari ini, khususnya pada pakaian seragam sekolah. Hal ini dikarenakan dalam rangka peringatan hari batik Nasional yang jatuh pada hari  Senin – Selasa 2 -3 Oktober 2023 Mudah-mudahan dengan adanya peringatan hari batik Nasional ini, dapat menambah jiwa nasionalisme kita sebagai warga dan masyarakat indonesia, serta menambah rasa cinta kita kepada budaya-budaya yang ada di negeri kita ini, salah satu contohnya adalah kekayaan batik. Seyogyanya memakai batik atau mencintai batik jangan hanya sekedar dalam peringatan hari batik nasional saja, akan tetapi kita berusaha untuk terus meningkatkan rasa cinta kita terhadap produk batik ini untuk tetap kita jaga dan dilestarikan”, Jelas Waka bagian Humas, Siwi Uswatun Hastari S.Pd,

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Penetapan ini didasarkan fakta sejarah pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Proses pengakuan dan pengukuhan batik Indonesia mengalami proses cukup panjang. Berawal pada 3 September 2008 yang kemudian diterima secara resmi UNESCO tanggal 9 Januari 2009.

Tahap selanjutnya eksistensi batik harus mengalami pengujian tertutup UNESCO di Paris pada 11-14 Mei 2009. Baru tanggal 2 Oktober 2009, menetapkan batik merupakan warisan budaya milik Indonesia sebagai "Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi" (Masterpieces of the oral and intangible Heritage of Humanity).

Pengakuan dunia ini sepatutnya membuat bangsa Indonesia bangga akan budaya batik dan melestarikan keberadaan batik agar semakin dikenal luas.

Dalam rangka memperingat Hari Batik Nasional tahun 2023 peringatan 10 tahun Hari Batik pada 2 Oktober 2023 ini, seluruh guru, siswa dan keluarga besar civitas akademikaa SMAN 1 Sampit Mengenakan pakaian batik pada hari senin – selasa tanggal 2 – 3 Oktober 2023.

HUMAS SMAN 1 SAMPIT

Versi cetak
##600x300 gambar

Artikel Terkait